top of page
Search
Writer's pictureAsDI DPC Bogor

Seminar dan Workshop Gizi 2019 "Penatalaksanaan Gizi Pada Pasien Penyakit Hati Dengan Malnutrisi"

Updated: Jun 13, 2019

Hati atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan liver adalah salah satu organ dalam tubuh dengan berat 1,5 kg yang terletak di sisi kanan perut bagian atas. Fungsi utama hati adalah sebagai pusat metabolisme dari semua zat-zat gizi. Sebagian besar hasil pencernaan setelah diserap langsung dibawa ke hati untuk disimpan dan diubah menjadi bentuk lain dan diangkut ke bagian tubuh yang membutuhkan. Hati merupakan tempat penyimpanan mineral, berupa zat besi dan tembaga yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah serta vitamin-vitamin larut lemak A, D, E, dan K. Hati mengatur volume dan sirkulasi darah serta berperan dalam detoksifikasi obat-obatan serta racun-racun. Dengan demikian, kerusakan, atau kelainan fungsi hati dapat berpengaruh terhadap fungsi saluran cerna dan penggunaan makanan dalam tubuh sehingga sering menyebabkan penyakit gizi. Kelainan yang terjadi pada fungsi hati dapat menimbulkan gejala-gejala berupa rasa kembung, mual, tidak nafsu makan, dan lain-lain. Tidak heran pada penderita penyakit hati kronis ditemui adanya malnutrisi.



Penyakit fungsi hati masih menjadi masalah kesehatan besar di negara maju maupun di negara berkembang. Indonesia merupakan negara dalam peringkat endemik tinggi mengenai penyakit hati (Depkes RI, 2007). Angka kejadian kerusakan hati sangat tinggi, dimulai dari kerusakan yang tidak tetap namun dapat berlangsung lama (Setiabudy, 1979). Rusaknya fungsi hati biasanya ditandai dengan menguningnya warna kulit, membran mukosa dan naikknya konsentrasi bilirubin, enzim AST, ALT dan GGT dalam darah (Lu, 1995).


Hati merupakan organ penting dalam metabolisme dan penyimpanan nutrisi. Berjalannya fungsi hati jelas berkaitan erat dengan kondisi organ tersebut. Pada keadaan dimana hati mengalami kelaian, misalnya pada peradangan hati (hepatitis) atau sirosis, akan terjadi berbagai penyakit fungsi, termasuk dalam metabolisme zat nutrisi. Dengan demikian, perlu diingat bahwa bila ditemukan hati dalam kondisi terganggu, asupan nutrisi juga harus disesuaikan dengan kemampuannya. Tatalaksana nutrsi pada penyakit hati bertujuan menjaga dan memperbaiki status nutrisi : mencegah kerusakan lebih lanjut dan membantu proses regenerasi sel hati, serta mencegah atau meringankan ensefalopati hepatic dan penyakit metabolik lainnya. Dengan tata laksana nutrisi yang tepat, selain malnutrsi dapat diatasi, gejala klinis sirosis hepatic seperti steatorea, asites dan enselopati hepatic juga akan mengalamai perbaikan. Pada Prinsipnya, asupan kalori yang tinggi merupakan hal yang penting untuk memperbaiki status malnutrisi . Namun demikian pemberian makanan juga tidak dapat dalam jumlah besar karena adanya gejala nausea dan anoreksia.


Peran Dietisien dan Nutrisionis pada pasien malnutrsi dengan penyakit hati memiliki tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan sosialisasi Penatalaksanaan gizi pasien penyakit hati dengan malnutrisi untuk membantu Dietisien dan Nutrisionis dalam mengimplemantasikan pelayanan pada pasien malnutrisi dengan penyakit hati secara terintegrasi, efektif dan efisien.


Kegiatan Seminar dan Workshop Gizi Update 2019 dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2019 yang bertempat di Ballroom Onih Hotel pada pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Materi seminar disampaikan oleh 3 orang narasumber yaitu 1 orang dokter spesialis KGEH dan 2 orang dietisien. Setelah pemaparan materi acara selanjutnya yaitu Workshop Gizi Update 2019 dengan tema “Penatalaksanaan Gizi Pada Pasien Penyakit Hati Dengan Malnutrisi”. Kegiatan tersebut dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan FGD. Dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi 10 kelompok dalam pelaksanaan FGD. Ada 3 kelompok yang mempresentasikan hasil diskusinya dan didiskusikan serta disimpulkan kembali oleh para narasumber.



Seminar dan Workshop Gizi Update 2019 diikuti oleh 200 peserta. Hasil survey feedback menyatakan bahwa Sangat Puas (78.3%), Puas (8.7%) dan Cukup Puas (13%).



4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page